PAMERAN DARING/ DISEMINASI ONLINE

     Puding adalah makanan ringan yang digemari dikalangan masyarakat Indonesia. Hampir setiap hari orang makan makanan ini. Di setiap daer...

Rabu, 09 Januari 2019

ASAL USUL DAN SEJARAH PEMERINTAHAN DESA

ASAL USUL DAN SEJARAH PEMERINTAHAN DESA

  • ASAL DAN ARTI NAMA DESA 
Tanjung berasal dari nama sebutan untuk daratan yang menjorok ke laut yang ketiga sisinya dikelilingi oleh laut, dimana lokasinya terletak di Dusun Jumiang dengan garis pantai sepanjang +/- 1 Km. Konon menurut ceritan bahwasanya tempat tersebut merupakan tempat bersemedinya Pangeran Adirasa, yang tepatnya terletak di atas pohon Ilalang.


  • AWAL PEMBENTUKAN PEMERINTAHAN DESA


Pada mulanya pembentukan Desa tidak terlepas dari ketentuan adat sehingga masyarakat pada waktu itu mengatur kehidupan bermasyarakat dengan hukum adat yang disepakati bersama sesuai dengan kondisi lingkungannya. Seiring denga perkembangan jaman maka Desa dibentuk melalui musyawarah mufakat untuk membentuk suatu sistem kesatuan huku guna mengatur kehidupan masyarakat diwilayah Desa Tanjung dengan dipilih oleh Kepala Desa serta dibantu oleh aparatur Desa seperti Kepala Dusun, KUR, Dan KASI.




Pemerintah desa awal kali diperkirakan terbentuk pada tahun 1972. Tujuan pembentukan pemerintahan Desa ialah untuk mengatur tatanan sistem kehidupan bermasyarakat secara mengikat dengan ketentuan hukum yang berlaku. Selain itu, sebgai proses demokrasi untuk memberikan kebebasan bagi seluruh masyarakat untuk memilih pemimpin di Desa secara langsung.



KKN 22 UTM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar